Forbidlampung.id, Bandar Lampung- Kunjungan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan RB), Purwadi Arianto, ke Mal Pelayanan Publik. (MPP) Kota Bandarlampung, Kamis (24/7/2025).
Kunjungan tersebut merupakan bagian dari agenda nasional untuk monitoring dan evaluasi layanan publik, khususnya terkait implementasi kolaborasi lintas sektor dan transformasi digital yang menjadi bagian dari reformasi birokrasi.
Purwadi Arianto memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Bandarlampung atas terselenggaranya pelayanan publik yang terpusat di satu lokasi tersebut. la menilai MPP telah menunjukkan kemajuan dalam kolaborasi lintas sektor, baik secara vertikal maupun horizontal.
Wamen PANRB Purwadi Arianto mengatakan, memastikan pelayanan publik di daerah benar-benar berjalan baik, tidak hanya dari sisi fisik, tapi juga kualitas SDM, kolaborasi antarinstansi, dan sistem digitalnya.
Kehadiran MPP Kota Bandarlampung merupakan bentuk nyata dari upaya pemerintah daerah dalam menghadirkan pelayanan terintegrasi di satu lokasi.apalagi ini sudah berjalan baik, seperti pembayaran layanan, sistem antrean, dan penyediaan fasilitas umum.
Masih perlu ditingkatkan sumber daya manusianya. termasuk dari sisi pemahaman digital dan komunikasi pelayanan.
” Sekarang ini digitalisasi sudah mulai diterapkan, pembayaran dan pengurusan layanan juga sudah dilakukan di satu tempat. Ke depan, perlu ditingkatkan lagi sosialisasinya, dan tentu kapasitas petugas di garis depan pelayanan juga harus terus ditingkatkan, tuturnya.
” Alhamdulillah atas dukungan pemerintah,sangat luar biasa.kami ingin pelayanan publik ini lebih baik lagi,apalagi tadi Pak Wamen sudah mengunjungi MPP, walaupun ada beberapa lantai yang kosong, nanti akan diisi dinas terkait termasuk perpanjangan SIM, ujarnya.
MPP merupakan layanan publik yang mengintegrasikan berbagai layanan, seperti kependudukan (Dukcapil), perizinan usaha (DPMPTSP), pajak daerah (Bapenda), hingga layanan kepolisian, BPJS,serta lembaga vertikal lainnya.